Rabu, 16 Maret 2011

EVAwall Dinding Puzzle

Kota Malang  merupakan satu wilayah dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Lebih dari setengah di antaranya merupakan migran yang mendapatkan mata pencahariannya di kota terbesar kedua di Jawa Timur tersebut. Sebagian besar dari mereka adalah individu yang sangat sibuk dengan waktu yang sangat terbatas. Bagi seseorang yang dituntut untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dengan waktu yang sangat terbatas, kualitas tidur yang prima merupakan hal yang sangat vital. Dengan demikian setelah bangun tidur diharapkan tubuh kembali fit baik secara fisik maupun psikis untuk dapat melaksanakan aktifitas-aktifitas selanjutnya dengan baik dan maksimal.
Untuk bisa tidur dengan tenang dan nyaman tentunya membutuhkan suatu tempat yang nyaman. Pada umumnya orang akan merasa lebih nyaman beristirahat di dalam kamar tidur karena kamar adalah tempat yang tepat dan merupakan sebuah privasi.
Fungsi kamar tidur bagi kebanyakan keluarga di Indonesia sangat vital karena selain digunakan untuk istirahat juga digunakan sebagai tempat belajar bagi orang-orang yang menempuh dunia pendidikan termasuk juga tempat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kantor bagi para pekerja.
Berdasarkan pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa banyak orang baik dewasa, remaja, maupun anak-anak setelah tidur hasilnya tidak memuaskan, hanya faktor keletihan saja yang hilang sedangkan beban-beban psikis dan mental masih belum hilang sehingga mempengaruhi aktivitas selanjutnya. Di sisi banyak mahasiswa yang masih menggantungkan kebutuhan hidup ,biaya perkuliahan, dan kebutuhan lainnya dari kiriman orang tua.
Melihat kondisi yang demikian, muncul ide kreatif untuk membuka sebuah peluang usaha. Untuk itu, dirancanglah usaha yang bergerak dibidang pembuatan wallpicture dinding kamar tidur yang berbahan baku puzzle evamat. Pemilihan bahan baku puzzle evamat agar pemilik kamar tidur dapat mengganti dekorasi dinding kamar tidurnya dengan mudah sesuai dengan keinginannya. Untuk maksud lebih mengakrabkan dan mempopulerkan keberadaan usaha ini kepada masyarakat calon konsumen, kami melabelinya dengan brandPUZZLE EVAWALL”. Artinya, dekorasi dinding (wall) berbahan baku puzzle evamat.
Usaha pembuatan wallpicture dengan brand PUZZLE EVAWALL ini nantinya disamping memberikan layanan pembuatan juga menyediakan fasilitas tukar tambah wallpicture. Cukup dengan memberikan order kepada operator melalui saluran telepon yang disediakan kebutuhan calon konsumen akan terpenuhi.

C.  PERUMUSAN MASALAH
Dari masalah yang dikemukakan diatas, dapat dilihat bahwa rendahnya kualitas tidur merupakan masalah yang perlu diatasi, terutama bagi orang baik itu dewasa, remaja, mapun anak-anak yang memiliki aktivitas yang padat. Melihat kondisi yang demikian, muncul ide kreatif usaha pembuatan wallpicture dengan kombinasi warna dan gambar agar setiap orang dapat istirahat (tidur) dalam kamar tidur untuk melepas rasa lelah baik fisik maupun psikis.
Untuk maksud lebih mengakrabkan dan mempopulerkan keberadaan usaha ini kepada masyarakat calon konsumen, kami melabelinya dengan nama PUZZLE EVAWALL”. Artinya, pembuatan wallpicture berbahan baku puzzle evamat. Cukup dengan memberikan order kepada operator melalui saluran telepon yang disediakan maka kebutuhan calon konsumen akan terpenuhi

D. TUJUAN
Sehubungan dengan paparan di atas, PKM-K menjadi sarana yang sangat urgen untuk dapat mewujudkan program tersebut. Melalui program ini, kami berkesempatan ‘membuka’ usaha pembuatan wallpicture kamar tidur PUZZLE EVAWALL. Tujuan utama dilakukannya program ini adalah untuk mewujudkan kemandirian finansial mahasiswa, hal ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa percaya diri kami dalam menapaki dunia nyata setelah lulus kuliah nanti. Selain memperoleh keuntungan berupa jasa komersial, kami pun memiliki kebanggaan tersendiri karena dapat melibatkan teman-teman di kampus untuk turut aktif dalam kegiatan ini. Dengan demikian, secara tidak langsung akan tumbuh pula jiwa kewirausahaan teman-teman mahasiswa yang terlibat.
            Tujuan lain dari dilakukannya program ini adalah melatih diri dalam memberikan layanan kepada masyarakat, menciptakan lapangan kerja baru, serta membuka usaha yang berorientasi sosial dan profit. Sebagai informasi, kami berniat mengembangkan lebih lanjut usaha ini setelah lulus kuliah nanti.


E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Dari pelaksanaan PKM-Kewirausahaan yang didanai Dikti ini diharapkan terbentuk suatu usaha di bidang pembuatan wallpicture yang profesional dengan dengan brandPUZZLE EVAWALL”. Usaha semacam ini merupakan jenis usaha yang baru pertama kali dan satu-satunya di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Dengan demikian diyakini usaha layanan jasa ini dapat berkembang dengan pesat.

F.  KEGUNAAN
Program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
1.      Kami, mahasiswa STIE Malangkuçeçwara sebagai  sarana untuk mewujudkan kemandirian finansial sekaligus sebagai rintisan bisnis yang memungkinkan untuk kami tekuni selepas menyelesaikan studi di sekolah kami.
2.      Masyarakat, sebagai konsumen diharapkan dapat memperoleh manfaat dan kepraktisan dalam memenuhi kebutuhan akan wallpicture kamar tidur.
3.      Pencari kerja, sebagai sarana penyediaan lapangan kerja baru.

G.    GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Malang Raya merupakan satu wilayah dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Lebih dari setengah di antaranya merupakan migran yang mendapatkan mata pencahariannya di kota terbesar kedua di Jawa Timur tersebut. Sebagian besar dari mereka adalah pekerja yang sangat sibuk dengan waktu yang sangat terbatas. Bagi seseorang yang dituntut untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dengan waktu yang sangat terbatas, kualitas tidur yang prima merupakan hal yang sangat vital.
Dengan demikian secara singkat, target pasar dari usaha ini dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.      Mahasiswa.
2.      Pelajar.
3.      Anak-anak.
4.      Ibu-ibu
5.      Pekerja profesional.
Sedangkan manfaat dari produk ini pada dasarnya adalah terpenuhinya kualitas tidur yang prima sehingga mampu menghilangkan stress, memunculkan semangat belajar, dan motivasi kerja.
Untuk mendapatkan produk ini, calon konsumen pelanggan cukup mengangkat telepon dan menghubungi nomor telepon usaha untuk di catat pesanan serta alamat lengkap pelanggan. Operator akan segera mengubungi pendesain. Pendesain akan mendesain pola warna atau gambar seperti yang di harapkan pelanggan. Kemudian pendesain menyerahkan hasil desain kepada bagian print. Setelah di print hasil print kita tempelkan pada puzzzle evamat  sesuai dengan polanya. Setelah itu kita antarkan pesanan ketempat konsumen. Sistem pembayaran dilaksanakan setelah barang diterima pelanggan.

** Masih dalam tahap pengembangan * 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar